TATA SURYA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : . SMA Negeri 1 Gayam
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami TATA SURYA Pengertian, Asal Usul, Unsur dan Isinya
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan Tata surya
Indikator : - Mendeskripsikan pengertian Tata Surya
- Menjelaskan asal usul mengenai terjadinya Tata Surya
- Menganalisis sejarah penemuan, Terminologi dan zona planet
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Menjelaskan pengertian Tata Surya
- Menjelaskan asal usul mengenai terjadinya Tata Surya
- Menganalisis sejarah penemuan, Terminologi dan zona planet
B. Materi Pembelajaran
- Pengertian Tata Surya
- Asal usul Tata Surya dan Terminologi
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan
D. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA – ESIS
- Buku sumber TATA SURYA Pengertian, Asal Usul, Unsur dan Isinya
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Slide Proyektor
- Gambar proses pembentukan Tata Surya
- Internet
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Keenam
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
· Guru menanyakan tentang benda-benda langit yang ada di Tata Surya.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan pengertian, proses terjadinya, sejarah penemuan, Terminologi dan zona planet pada Tata Surya
· Penugasan secara kelompok, siswa mencari pengertian, proses terjadinya, dan pandangan manusia mengenai Tata Surya dari situs www.yahoo.com, www.wikipedia.com, www.google.com.
· Siswa membuat karangan secara berkelompok mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya.
· Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan tokoh mengenai pengertian, proses terjadinya, sejarah penemuan, Terminologi dan zona planet pada Tata Surya
3. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
F. Penilaian
· Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian, proses terjadinya, sejarah penemuan, Terminologi dan zona planet pada Tata Surya dari situs internet.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | ||||
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh | ||||
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh | ||||
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Nilai rata-rata | ||||
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Gayam, ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi
Dwi Pudi Lestari
NIM 209821420927
TATA SURYA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : SMA Negeri 1 Gayam
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami TATA SURYA Pengertian, Asal Usul, Unsur dan Isinya
Kompetensi Dasar : 2.1. Menjelaskan struktur Tata Surya
Indikator :- Menganalisis struktur Tata Surya bagian dalam
- Menganalisis struktur Tata Surya bagian luar
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Menganalisis struktur Tata Surya bagian dalam dan bagian luar
B. Materi Pembelajaran
- Anggota Tata Surya
1. Matahari
2. Planet anggota Tata Surya
C. Metode Pembelajaran
CD pembelajaran, penugasan
D. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
- Buku sumber TATA SURYA Pengertian, Asal Usul, Unsur dan Isinya
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Slide Proyektor
- CD pembelajaran mengenai Tata Surya
- Internet
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedelapan
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
2. Kegiatan Inti
· Menonton film mengenai Tata Surya dengan seksama.
3. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menceritakan sekilas mengenai isi film yang telah ditonton.
· Siswa membuat karangan secara individu mengenai materi/isi film dengan mencantumkan judul film dan pembuatnya.
F. Penilaian
- Penilaian untuk tugas karangan mengenai ringkasan film tentang anggota Tata Surya Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | ||||
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Isi menunjukkan penjelasan dari isi film | ||||
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap isi film | ||||
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Nilai rata-rata | ||||
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Gayam, ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi
Dwi Pudi Lestari
NIM 209821420927
TATA SURYA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : SMA Negeri 1 Gayam
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : : 1. Memahami TATA SURYA Pengertian, Asal Usul, Unsur dan Isinya
Kompetensi Dasar : 2.1. Menjelaskan struktur Tata Surya
Indikator - Planet baru di luar Tata surya
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu mempelajari planet baru diluar Tata surya
B. Materi Pembelajaran
-Planet baru anggota Tata surya
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan
D. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
- Buku sumber TATA SURYA Pengertian, Asal Usul, Unsur dan Isinya
- Buku-buku penunjang yang relevan
- OHP / Slide Proyektor
- Internet
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesembilan
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi: guru menyapa siswa dan mengabsen.
· Guru menanyakan planet-planet di Tata surya.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan pengertian tentang planet di Tata surya
· Penugasan secara kelompok, siswa mencari pengertian, proses terjadinya, dan teori-teori tentang terbentuknya planet-planet lain di Tata Surya dari situs internet seperti www.yahoo.com, www.wikipedia.com, dan www.google.com.
· Siswa membuat karangan mengenai hasil temuannya dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya.
· Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati pengertian, proses terjadinya, dan teori-teori tentang terbentuknya planet lain di Tata Surya.
3. Kegiatan Penutup
· Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
F. Penilaian
- Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian, proses terjadinya, dan teori-teori tentang planet lain Tata Surya dari situs internet.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar menunjukkan isi | ||||
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh | ||||
Isi disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh | ||||
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | ||||
Nilai rata-rata | ||||
Komentar |
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
Memuaskan | 4 | > 80 |
Baik | 3 | 68 - 79 |
Cukup | 2 | 56 - 67 |
Kurang | 1 | < 55 |
Gayam, ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi
Dwi Pudi Lestari
NIM 209821420927
Tidak ada komentar:
Posting Komentar